5 Hal Menarik Seputar Investasi di Pasar Modal Syariah

image
  • By
  • March 25, 2022
  • 0 Comments

Pasar Modal Syariah

Banyak dari kita yang sudah menyadari tentang betapa pentingnya berinvestasi untuk keperluan di masa depan karena tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Instrumen investasi yang dapat dipilih cukup beragam, mulai dari properti, emas hinga surat berharga di pasar modal. Tapi tahukah kamu jika sudah hadir instrumen investasi di pasar modal syariah?

Berlandaskan POJK No. 15/POJK.04/2015 tentang Penerapan Prinsip Syariah di Pasar Modal dan Fatwa DSN-MUI No. 80 tahun 2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek Indonesia. maka pasar modal syariah sudah menjadi suatu alternatif dalam berinvestasi yang amanah dan berkah.

Berikut adalah 5 hal menarik yang harus kamu ketahui mengenai investasi di pasar modal syariah, yaitu :

1. Jual beli instrumen yang sudah menggunakan sistem digital

Semenjak Bursa Efek Indonesia (BEI, dahulu BEJ) diresmikan kembali oleh Presiden ke-2 RI yaitu Bapak Soeharto pada tahun 1977, dalam operasionalnya BEI mengalami berbagai kemajuan yang cukup signifikan, mulai dari pembentukan UU tentang Pasar Modal pada tahun 1995 hingga sistem transaksi yang semula menggunakan warkat atau sertifikat, mulai menggunakan JATS (Jakarta Automatic Trading System) pada tahun 1997 hingga saat ini sebagaimana kita kenal dengan sistem paperless dan dapat kita akses dengan mudah melalui smart phone.

2. Tidak terkena dampak inflasi secara langsung

Kita tahu bahwa setiap barang yang diproduksi akan terkena inflasi. Tingkat Inflasi setiap tahunnya akan mengalami perubahan yang terkadang tidak dapat diprediksi. Lalu apa kaitannya dengan berinvestasi di pasar modal syariah? Dengan berinvestasi di pasar modal syariah, kita dapat mencegah risiko inflasi secara langsung. Karena pasar modal syariah tidak bersentuhan langsung dengan barang-barang yang diproduksi. Akan tetapi, pasar modal syariah hanya sebagai sistem dimana saham perusahaan diperjualbelikan.

3. Terjangkau oleh berbagai kalangan dan status

Seiring berkembangnya zaman, terdapat berbagai pengkinian sistem dalam transaksi di pasar modal syariah, mulai dari waktu transaksi yang lebih singkat yaitu T+2 (trade date plus 2 days atau hari perdagangan ditambah 2 hari) hingga minimum jumlah transaksi. Beberapa tahun yang lalu, untuk berinvestasi di pasar modal syariah adalah suatu hal yang dirasa sulit untuk dijangkau oleh beberapa kalangan. Selain dari segi sistem, jika kita lihat dari sisi manfaat instrumen pasar modal syariah juga dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Tak hanya dapat digunakan oleh kaum muslim, instrumen pasar modal syariah juga dapat digunakan oleh semua orang tanpa terkecuali.

pasar modal syariah

4. Perkembangan investasi syariah yang signifikan

Dalam kurun waktu satu dekade terakhir, investasi syariah mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dimulai dengan jumlah investor syariah yang meningkat lebih dari 16.789 persen. Dari yang mulanya hanya 531 investor pada 2011, investor saham syariah kini telah naik menjadi 89.678 investor per Januari 2021. Sementara, kapitalisasi pasar syariah mencapai 47,9 persen dari total kapitalisasi pasar saham-saham yang tercatat di BEI. Adapun nilai transaksi saham syariah mencapai 60,4 persen, dengan volume transaksi syariah mencapai 48,1 persen serta frekuensi transaksi mencapai hingga 62,2 persen. Terakhir, Jumlah saham syariah meningkat 82 persen sejak 2011 dari 237 saham menjadi 432 saham syariah atau 59 persen dari total saham.[1]

Perkembangan yang cukup signifikan ini bisa terjadi mengingat bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Lalu kita juga mengetahui bersama bahwa pemerintah Indonesia sangat mendukung perkembangan ekonomi syariah. Disamping tujuan investasi adalah guna pemenuhan kebutuhan di masa depan, investasi syariah juga menjadi prinsip dalam menjalankan syariat Islam dalam kegiatan ekonomi.

5. Memiliki nilai kebermanfaatan yang tinggi

Islam menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan menganjurkan kepada kita untuk berbagi dengan sesama, dimana banyak di sekitar kita orang yang nasibnya tidak seberuntung dengan keadaan kita. Dalam berbagai ayat dan hadits menerangkan bahwa kita dianjurkan untuk bersedekah kepada sesama sebagaimana yang tercantum dalam QS Al-Baqarah ayat 261 yang artinya :

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Selain bersedekah, amalan yang sangat bermanfaat untuk membantu sesama manusia, yaitu dengan zakat. Dengan berzakat, artinya kita telah membersihkan harta kita dari kewajiban-kewajiban yang secara tidak langsung melekat pada harta kita selama setahun terakhir. Serta dengan berzakat, artinya kita menjalankan rukun Islam yang ketiga.

Dahulu, apabila kita hendak bersedekah atau berzakat, kita dapat menggunakan hasil bumi yang ada selama setahun terakhir sebagai pengeluarannya. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang sudah maju seperti sekarang, maka semakin banyak alternatif pembayaran zakat dan sedekah selain dengan menggunakan hasil bumi dan mata uang. Salah satu alternatif tersebut yaitu dengan zakat saham dan sedekah saham.

Apa itu zakat saham dan sedekah saham? Yaitu zakat dan sedekah dengan sistem pembayaran menggunakan sebagian saham syariah yang kita miliki. Salah satu sekuritas yang terdepan dalam memfasilitasi teman-teman investor syariah menunaikan zakat saham dan sedekah saham adalah PT Henan Putihrai Sekuritas (HP Sekuritas). Saat ini ada program Berkah (Berinvestasi Sambil Bersedekah), yaitu program yang memfasilitasi teman-teman investor untuk menunaikan zakat, sedekah dan wakafnya dengan saham melalui satu aplikasi. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi HPX Syariah.

Written by

Leave a comment